Home » » 12 Berita Hoax ini berhasil menipu ratusan hingga jutaan orang

12 Berita Hoax ini berhasil menipu ratusan hingga jutaan orang

Written By Mas Agil Lesmana on Saturday, March 11, 2017 | 9:06 PM

Agen Bandarq

12 Berita Hoax ini berhasil menipu ratusan hingga jutaan orang - Kini kita tidak bisa begitu gampang termakan sama berita-berita yang beredar di media tanpa ada sumber yang kuat. Banyak sekali berita-berita Hoax yang beredar, dan tidak jarang itu juga merugikan beberapa pihak. Kita ambil contoh saat ini di Indonesia, tengah heboh dengan berita tentang pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Banyak sekali media-media sosial yang menjelek-jelekan dan membuat berita Hoax tentang keburukan salah satu paslon.

Namun, taukah anda jika sebenarnya ada beberapa berita Hoax yang menurut admin paling keterlaluan karena telah berhasil menipu ratusan hingga jutaan orang. Dan berita Hoax ini sudah ada sejak dulu dan masih ada saja yang mempercayainya hingga kini. Disini admin telah merangkum 12 berita Hoax terheboh yang pernah ada. Sumber: Kelincimas.com


1. Peri Cottingley




Peri Cottingley adalah serangkaian foto yang diambil pada tahun 1917 dan 1921 oleh dua orang gadis berusia 10 dan 16 tahun. Foto-foto itu dimaksudkan untuk menjadi bukti tentang keberadaan peri dan elf.

Berita tersebut cukup menggegerkan. Tapi pada akhirnya semuanya terbongkar. Meski begitu Peri Cottingley dikenal sebagai sebagai salah satu hoax paling cemerlang abad ke-20. Salah seorang gadis dalam foto itu ternyata asisten laboratorium foto di sekolahnya.


Bahkan tokoh terkenal seperti Arthur Conan Doyle sangat percaya pada keaslian foto-foto tersebut hingga kematiannya.


2. Kepunahan Manusia Berambut Pirang





Pada tahun 2002, BBC menerbitkan sebuah artikel yang menyatakan bahwa setiap tahun jumlah kelahiran manusia berambut pirang semakin berkurang. Artikel itu menyebutkan manusia berambut pirang kemungkinan akan punah dalam waktu dua ratus tahun lagi.


The New York Times kemudian menerbitkan artikel lain yang mengatakan hasil penelitian tersebut sebagai palsu. Namun, hoax tentang kepunahan manusia berambut pirang terus berkibar sampai sekarang.


3. Monster Loch Ness





Monster dari Danau Loch Ness mungkin adalah tipuan yang paling populer di dunia. Pada tahun 1934, Daily Mail menerbitkan artikel pertama tentang hewan mistis tersebut yang foto-fotonya diambil oleh Dr. Wilson, seorang ahli bedah dari London, Inggris.


Foto tersebut mengejutkan seluruh dunia. Tetapi pada tahun 1994, foto tersebut dinyatakan sebagai palsu.


4. Manusia Piltdown




Pada tahun 1912, arkeolog amatir Charles Dawson mengklaim bahwa ia telah menemukan sisa-sisa makhluk purba yang disebut Manusia Piltdown. Fosil tersebut diduga rantai yang hilang dalam evolusi dari primata ke manusia.

Tapi tipuan Dawson baru terbongkar 40 tahun kemudian ketika ilmuwan menyatakan bahwa tengkorak Manusia Piltdown sebenarnya tengkorak seorang pria Abad Pertengahan yang disambung dengan rahang orang utan.


5. Foto Hantu Karya William Mumler




Menjelang akhir abad ke-19, fotografer New York, William Mumler, mulai membuat foto yang menunjukkan penampakan hantu anggota keluarga yang telah meninggal dari orang-orang yang difotonya.

Karya paling terkenal Mumler adalah foto dari Mary Todd Lincoln dengan 'hantu' almarhum suaminya, Presiden Abraham Lincoln. Foto itu sangat populer. Tapi ketika karyanya diketahui sebagai penipuan, Mumler bangkrut.


6. Batu Temuan Beringer




Pada 1725, Profesor Kedokteran Johann Beringer menemukan potongan batu kapur dengan ukiran yang menggambarkan hewan dan tanaman prasejarah dengan tulisan bahasa Ibrani di atasnya.

Beringer mengira batu-batu itu adalah wahyu dari Tuhan. Dia bahkan menerbitkan sebuah buku tentang temuannya itu. Namun, ternyata batu-batu yang ditemukannya itu hanyalah hoax yang dibuat rekan-rekan Beringer.


Sang ilmuwan, bersama dengan pencetus tipuan tersebut, akhirnya hidup dalam aib yang berkepanjangan.


7. Mesin Catur 'The Turk'




Pada abad ke-18, penemu Wolfgang von Kempelen membangun robot pemain catur yang tampak seperti seorang Sultan Turki duduk di belakang meja.

Mesin yang dinamakan 'The Turk' itu hanya kalah 6 kali dari 300 permainan yang digelar. Mesin tersebut bahkan mengalahkan Napoleon, yang membuat The Turk semakin terkenal.


Tidak ada yang bisa menebak bagaimana robot pemain catur itu bekerja. Semua orang melihatnya sebagai mesin yang bekerja sesuai hukum mekanik. Tidak ada cukup ruang untuk orang masuk ke dalamnya dan menggerakkan tangan robot untuk bermain catur.


Namun akhirnya tipuan Von Kempelen pun terbongkar. Ternyata di dalam mesin memang benar-benar ada pemain catur. Orang tersebut kehilangan kedua kakinya dalam perang. Ia menggerakkan robot pemain catur dengan bantuan magnet dan mengendalikan 'The Turk'.


8. Otopsi Alien




Pada tahun 1947, ada kecelakaan yang melibatkan UFO di Roswell, Amerika Serikat. Pada tahun 1995, produser film Inggris Ray Santilli membuat video sensasional yang menunjukkan otopsi alien mati dari UFO di Roswell itu.

Namun, ternyata film itu palsu yang dibuat sendiri oleh Santilli menggunakan boneka yang bentuknya setengah manusia.


9. Kematian Seorang Turis




Setelah peristiwa tragis serangan teroris terhadap menara kembar World Trade Center di New York pada 11 September 2001, muncul foto di Internet menunjukkan seorang turis pria berdiri di atap salah satu menara sesaat sebelum pesawat menabraknya.

Tapi setelah diteliti lebih jauh, ada beberapa kejanggalan dalam foto tersebut. Pria itu tidak mungkin di atap WTC pada saat kecelakaan (08:45) karena gedung baru buka pada 09:30. Pesawat mendekati bangunan dari sisi yang salah.


Selain itu pesawat tersebut bukan dari model yang menabrak WTC. Bayangan pria itu jatuh pada sudut yang salah ketika kecelakaan terjadi. Kemudian huruf yang digunakan untuk menulis tanggal bukan huruf yang biasa.


Dengan demikian, hoax tentang Kematian Seorang Turis sudah terbongkar.


10. Drama Radio War of the Worlds




Pada tahun 1938, sutradara Orson Welles membuat sebuah drama radio berdasarkan novel The War of the Worlds karya Herbert Wells. Ini adalah sebuah novel tentang Planet Mars menyerang Bumi.

Adaptasi radio dibuat menyerupai siaran langsung, sehingga terdengar nyata. Pendengar sudah diperingatkan bahwa itu hanya sebuah drama.


Tetapi sebagian ternyata lupa tentang hal itu. Beberapa orang yang percaya panik dan melarikan diri dari kota (terutama pada bagian setelah pidato 'Presiden Roosevelt' yang menyuruh rakyat agar tetap tenang).


11. Mesin Gerak Abadi Redheffer




Pada tahun 1813, Charles Redheffer menyebut dirinya sebagai orang yang menemukan mesin gerak abadi. Pernyataan itu menyebabkan keributan, tapi insinyur Robert Fulton skeptis tentang pengakuan Redheffer.

Setelah memeriksa dengan hati-hati pada mesin yang diciptakan Redheffer, Fulton sampai pada kesimpulan bahwa harus ada sumber tenaga yang membuat mesin bekerja. Setelah diselidiki 'tenaga' penggerak mesin buatan Redheffer ternyata adalah seorang pria tua yang duduk di loteng dan memutar sebuah tongkat.


12. Kematian Paul McCartney yang Melegenda




Pada tahun 1969, tersebar isu jika salah satu anggota The Beatles Paul McCartney sebenarnya telah meninggal dalam kecelakaan mobil tiga tahun sebelumnya.

Para produser tidak ingin membuat keributan tentang berita tersebut dengan mengganti gitaris itu dengan sosok yang mirip. Sementara anggota band lainnya, ditekan untuk tidak berbicara secara terbuka kepada penggemar, mulai memasukkan petunjuk-petunjuk kematian Paul melalui cover album dan lirik lagu.


Berikut beberapa petunjuk tersebut:




- Di cover album The Beatles Yesterday and Today, Paul duduk di dalam lemari pakaian yang bentuknya mirip peti mati.

- Di cover album Sgt. Pepper’s Lonely Hearts Club Band, gundukan bunga di bagian depan terlihat mirip sebuah kuburan. Bunga Hyacinthus warna kuning adalah simbol kematian dan dibentuk seperti gitar yang merupakan alat musik yang dipakai Paul di The Beatles.


- Jika dimainkan secara terbalik, bagian refrain dari lirik lagu Getting Better terdengar seperti, " Sebenarnya Paul sudah mati, ia kehilangan rambut, ia kehilangan kepalanya."


- Di cover album Abbey Road, Paul satu-satunya yang tidak memakai alas kaki, seperti orang yang akan dikubur (di Inggris orang yang meninggal dikubur dengan jas rapi, tapi tanpa sepatu).


- Di cover album Magical Mystery Tour, semua anggota band memakai topeng binatang. Salah satunya memakai topeng walrus hitam yang merupakan simbol kematian.


Sementara itu, ketika dikonfirmasi kepada Paul, dia menganggap semua teori tersebut hanya lelucon.


Agen Bandarq

Artikel Terkait

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Kunjungin Kami..!!!

Majalah Dewasa
Galeriqq
 
Support : WarungPojokKanan
Copyright © 2013. Warung Pojok Kanan - All Rights Reserved
Responsive by Mas Bewok | Template Created by KelinciMas
Proudly powered by Blogger