Home » » Buku Pinjaman Ini DIkembalikan Setelah 18.250 Hari Lamanya, Penasaran Seperti Apa Buku ini?

Buku Pinjaman Ini DIkembalikan Setelah 18.250 Hari Lamanya, Penasaran Seperti Apa Buku ini?

Written By Mas Agil Lesmana on Wednesday, April 5, 2017 | 8:52 PM


Buku Pinjaman Ini DIkembalikan Setelah 18.250 Hari Lamanya - Pernahkah anda menyewa barang dan telad mengembalikannya? Lantas apa yang terjadi? Tentunya anda harus membayar denda yang berlaku bukan. Namun apa jadinya jika anda menyewa sebuah buku dan telad mengembalikannya selama 50 tahun? Ini benaran Fakta terjadi disebuah perpustakaan.

Setidaknya inilah yang terjadi di sebuah perpustakaan di New Jersey, Amerika Serikat. Penjaga perpustakaan tersebut dikagetkan dengan pengembalian buku yang sudah melewati masa tenggat peminjaman. Dan tidak tanggung-tanggung, buku tersebut bukannya telambat satu atau dua hari, bukan juga dua atau tiga minggu, melainkan terlambat 50 tahun dari masa tenggat peminjaman.

Tentunya anda tidak bisa membayangkan berapa jumlah denda yang harus dibayar oleh sang peminjam buku tersebut bukan. Total denda yang harus dibayar oleh sang peminjam buku tersebut adalah US $1.800.

Perpustakaan publik Phillipsburg, New Jersey, mengonfirmasi bahwa sebuah salinan buku Dropped from the Clouds karya Jules Verne dikembalikan setelah lewat masa tenggat peminjaman selama 50 tahun atau sekitar 18.250 hari.

"Lihat apa yang kami temukan kemarin. Setelah 50 tahun terlambat, akhirnya buku ini dikembalikan, Rekor untuk buku paling  terlambat dikembalikan di sini," ujar sebuah tautan beserta lampiran foto yang memampangkan buku tua itu dari akun Facebook Perpustakaan Publik Phillipsburg, New Jersey. 

Salinan buku karya Jules Verne itu dijadwalkan untuk dikembalikan kepada pihak perpustakaan pada 5 Januari 1967. Setelah lama dipinjam, buku itu sangat usang dan tampak tak layak untuk dipajang dalam katalog perpustakaan.

Namun, sayangnya pihak perpustakaan tidak dapat mengkonfirmasi si pencinta salinan Dropped from the Clouds itu. Namun apakah salinan karya Jules Verne itu adalah sebuah rekor untuk buku perpustakaan yang paling terlambat dikembalikan? Ternyata tidak.

Pada Januari 2017 lalu, sebuah buku milik perpustakaan publik di San Fransisco dikembalikan setelah terlambat selama 100 tahun. Di lain tempat, sebuah buku milik perpustakaan Hereford Cathedral School telah lewat dari tenggat peminjaman selama 120 tahun.

Lantas apakah keduanya merupakan buku yang paling telad dikembalikan? Ternyata bukan lagi.

Situs Mentalfloss.com melaporkan, buku perpustakaan yang paling terlambat dikembalikan adalah The Law of Nations karya Emmerich De Vattel yang tercatat sebagai milik Perpustakaan New York Society Library, Kota New York, AS. Buku itu telah dipinjam selama 221 tahun. Dan, masih belum dikembalikan. Bayangkan denda akibat keterlambatan pengembalian buku itu. 

"Kami tidak akan menagih secara aktif dendanya, tapi  kami akan amat sangat senang apabila buku itu dikembalikan," canda Mark Bartlett, Kepala Perpustakaan New York Society Library.

Mungkin saja, setelah lebih dari dua abad, si peminjam akan hapal setiap baris dari karya De Vattel itu.

Agen Bandarq

Waah, aneh-aneh saja ya guys.. Jangan lupa bagi anda yang hobi dan senang bermain Poker ataupun Domino, boleh di coba di website Agen Bandarq ini ya. Gamenya super seru dan sangat gampang untuk dimainkan. Hanya dengan minimal Deposit atau setor dana sebesar Rp.15.000,- anda sudah bisa bermain di Game POKER, DOMINO QQ, BANDARQ, ADUQ, CAPSA SUSUN, BANDAR POKER dan BANDAR SAKONG. Dan kemenangan anda juga bisa ditarik loh, jadi tunggu apalagi, kunjungin website WWW.GALERIQQ.COM sekarang juga ya guyss..Salam sukses.

Artikel Terkait

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Kunjungin Kami..!!!

Majalah Dewasa
Galeriqq
 
Support : WarungPojokKanan
Copyright © 2013. Warung Pojok Kanan - All Rights Reserved
Responsive by Mas Bewok | Template Created by KelinciMas
Proudly powered by Blogger