Home » » 5 Tim Yang Sukses Dengan Taktik Counter-pressing

5 Tim Yang Sukses Dengan Taktik Counter-pressing

Written By Mas Agil Lesmana on Monday, October 10, 2016 | 3:42 AM


FBL-ENG-PR-SWANSEA-LIVERPOOL

Tiki-taka memang masih menjamur saat ini. Tapi, dominasi taktik ini sudah tak terlalu mencolok dengan munculnya paham taktik baru bernama Counter-pressing.

Counter-pressing adalah taktik dimana sebuah tim melakukan press secepat mungkin ketika kehilangan bola sehingga lawan tak punya peluang untuk membangun serangan.

Counter-pressing pun dibagi menjadi beberapa dimana pressing yang mengandalkan penguasaan bola, dan yang dimaksimalkan saat serangan balik. Domino Online

Berikut adalah tim-tim yang sempat sukses menjalani Counter-pressing.

5. Borussia Dortmund


FBL-GER-BUNDESLIGA-LEVERKUSEN-DORTMUND

Pada era Jurgen Klopp. Dortmund menjadi salah satu tim pelopor taktik ini. Serangan cepat dan pressing ketat menjadikan mereka mampu menutup dominasi Bayern Munchen selama dua musim.

Sementara sekarang bersama Thomas Tuchel, taktik Dortmund berkembang. Penguasaan bola mereka ditingkatkan tanpa menghilangi pressing yang ada. Meski begitu dengan beberapa pemain baru, taktik ini belum bisa berjalan maksimal.

4. Tottenham Hotspur

Tottenham Hotspur v Manchester City - Premier League

The Spurs berkembang sangat pesat di bawah manajer Mauricio Pochettino. Mereka memiliki ciri mengurung pertahanan lawan. 

Ketika bola berhasil direbut, selalu ada pemain yang muncul untuk kembali mengambil bola sehingga tim tak perlu beralih ke skema bertahan. Hal ini terlihat jelas sepanjang musim ini.

3. Manchester City

FBL-EUR-C1-CELTIC-MAN CITY

Pep Guardiola sebagai raja tiki-taka kini mampu mengembangkan permainan menjadi pressing tinggi. Mungkin masih belum terlalu terlihat, tapi peran gelandang serang yang mampu menjadi penghancur serangan pertama lawan.

Terlihat jelas peran David Silva yang kini menjadi penghambat dan juga mengatur serangan dari titik yang cukup dalam. Hal ini berjalan lancar sejauh ini. Klik disini

2. Paris Saint-Germain

FBL-FRA-LIGUE1-PSG-BORDEAUX

Unai Emery memang pemegang teguh taktik Counter-pressing. Kita semua tahu dia mengangkat Sevilla dengan taktik ini pada beberapa musim ke belakang.

Memiliki skuad yang lebih berkualitas bersama PSG, Emery pun seharusnya lebih mudah menerapkan taktik tersebut. Memang tak instan, tapi saat ini performa maksimal tim mulai terlihat jelas.

1. Liverpool

Swansea City v Liverpool - Premier League

Raja taktik Gegenpressing bergabung dengan Liverpool dan dampaknya sangat jelas. Klopp membuat Liverpool menjadi tim paling atraktif dengan penciptaan peluang terbanyak di Premier League saat ini.

Menarik mengetahui hampir semua pemain Liverpool mampu menjalani taktik ini dengan baik. Kolektivitas dalam melakukan pressing membuat lawan-lawan sangat kesulitan mengontrol bola. 

Artikel Terkait

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Kunjungin Kami..!!!

Majalah Dewasa
Galeriqq
 
Support : WarungPojokKanan
Copyright © 2013. Warung Pojok Kanan - All Rights Reserved
Responsive by Mas Bewok | Template Created by KelinciMas
Proudly powered by Blogger